MASIGNCLEAN103

Tips Cara Memulihkan Diri Pasca Keguguran

iklan banner
Keguguran dapat terjadi pada ibu hamil pada masa awal-awal kehamilan di usia trimester pertama kehamilan. Jika sudah terjadi keguguran tidak dapat di hindari dan kita hanya dapat ikhlas menerima kenyataan ini. Namun, anda juga jangan terlalu berlarut dalam kesedihan kini saatnya anda memulai untuk program kehamilan selanjutnya. 

Tips Cara Memulihkan Diri Pasca Keguguran

Akan tetapi, anda perlu untuk merawat dan memulihkan kembali fisik dan rahim anda untuk memulai program hamil lagi, nah disini kami akan membagikan Tips Cara Memulihkan Diri Pasca Keguguran. Untuk lebih jelas simak penjelasannya.

Menjadi seorang ibu dan memiliki bayi mungil yang lucu dan menggemaskan menjadi impian untuk seorang wanita. Wanita akan merasa sempurna setelah menjadi ibu dan melahirkan seorang bayi dari rahimnya. Namun, semua impian tersebut akan sirna ketika keguguran datang menghampiri dan membuat semuanya lenyap sudah sehingga membuat fisik dan batin si ibu menjadi down. 

Untuk memulai kehamilan berikutnya calon ibu harus melakukan beberapa perawatan fisik dan juga pemulihan rahim agar tidak terjadi hal yang serupa. Maka dari itu disini kami akan memberikan tips untuk cara memulihkan diri pasca keguguran.

Tips Cara Memulihkan Diri Pasca Keguguran, diantaranya:

  • Istirahat sebanyak mungkin selama 24 jam pertama 
Bersitiraht sebanyak mungkin dalam 24 jam setelah mengalami keguguran adalah hal yang penting. Dengan beristirahat, tubuh akan memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru, serta memulihkan diri dari kehilangan. 
  • Gunakan obat pereda nyeri untuk meredakan kram perut
Kram perut adalah gejala yang sering terjadi setelah keguguran, dan biasanya disertai dengan pendarahan. Beratnya nyeri yang dirasakan berbeda pada masing-masing orang, dan bergantung pada cara janin anda keluar secara alami atau diangkat melalui operasi.
  • Periksa suhu tubuh anda, karena bisa menjadi pertanda infeksi
Selama 5 hari setelah keguguran, anda disarankan untuk m,emeriksa suhu tubuh anda setiap hari. Suhu diatas 37,6 derajat celcius harus dilaporkan ke dokter karena suhu tinggi meungkin menandakan adanya infeksi dalam rahim atau bagian tubuh lainnya.
  • Gunakan pembalut atau tampon untuk menyerap darah yang keluar
Pendarahan vagina sedang hingga berat umumnya terjadi setelah keguguran karena rahim masih mengeluarkan sisa-saia kehamilan. Pembalut sebaiknya digunakan untuk menyerap pendarahan berat, namun anda bisa menggunakan tampon setelah pendarahan sedikit reda. Baik pembalut maupun tampon harus diganti paling tidak setiap 8 jam sekali.
  • Gunakan kompres dingin dan panas untuk meredakan kram dan sakit kepala
Kompres dingin dan panas dapat di gunakan untuk meredakan sakit kepala dan juga kram perut serta nyeri punggung. Menggunakan kompres dingin dan panas secara bergantian adalah langkah yang tepat. Kompres panas dapat membantu menenangkan otot sedangkan yang dingin dapat menahan nyeri.
  • Makan mengikuti diet sehat, karena dapat membantu tubuh anda memulihkan diri.
Anda harus makan mengikuti diet sehat setelah keguguran. Makanan sehat akan membantu tubuh memulihkan diri dan berfungsi normal kembali. makanan sehat juga akan memberikan tubuh lebih banyak energi sehingga anda akan merasa lebih baik secara keseluruhan. makanan yang tgidak sehat hanya akan membuat anda merasa semakin lemas.

Demikianlah itu dia ulasan mengenai beberaoa Tips Cara Memulihkan Diri Pasca Keguguran yang kami tulis, semoga informasi yang kami sampaikan sangat bermanfaat dan memberikan solusi/jalan bagi kesembuhan anda, semoga lekas sembuh dan salam sehat.

Tips Cara Memulihkan Diri Pasca Keguguran

Share This :