MASIGNCLEAN103

Pentingnya Konsumsi Lemak Esensial Untuk Tumbuh Kembang Anak

iklan banner
Pentingnya Konsumsi Lemak Esensial Untuk Tumbuh Kembang Anak,- Lemak merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan pelarut vitamin A, D, E, dan K. lemak terdiri dari asam lemak jenuh/saturated fatty acis (SAFA), lemak trans atau trans fatty acid (TFA) dan juga asam lemak tak jenuh yang terdiri dari asam lemak tak jenuh jamak atau polyunsaturated fatty acis (PUFA) dan asam lemak tak jenuh tunggal atau mono unsaturated fatty acid (MUFA).

Pentingnya Konsumsi Lemak Esensial Untuk Tumbuh Kembang Anak

SAFA dan TFA sering dikategorikan sebagai lemak kurang baik, karena jika lemak jenuh ini dikonsumsi berlebihan makan akan menaikkan kadar lemak darah dan kadar kolesterol darah yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung koroner, strokedislipedemia (kelainan lemak darah), dan hipertensi.

Lemak tak jenuh atau MUFA dan PUFA dikategorikan ke dalam jenis lemak baik yang menyehatkan tubuh. Turunan dari lemak asam tak jenuh adalah asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh khusunya untuk memantu tumbuh kembang anak dan pada orang dewasa memiliki manfaat untuk kesehatan kardiovaskulator (jantung dan pembuluh darah).

Di zaman modern sekarang ini, sebagian orang masih sering mengkonsumsi lemak dari makan yang tidak sehat seperti makanan siap saji, gorengan dan lain-lain. Hal ini berarti konsumsi lemak esensial omega 3 dan omega 6 masih sangat kurang sedangkan asupan SAFA (lemak jenuh) masih lebih tinggi dibandingkan rekomendasi.

Asam lemak esensial dalam tubuh berperan dalam melenturkan sel membran, sehingga sel mampu menyerap zat gizi lebih baik dan juga mempermudah pengeluaran sisa metabolisme dari sel. Asam lemak esensial ini juga menjadikan kualitas sel membran lebih baik dan tidak mudah rusak. Asupan lemak esensial seimbang dibarengi dengan pola makan sehat sejak dini dapat mencegah penyakit kardiovaskulator saat anak tumbuh dewasa.

Asam lemak esensial adalah asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya dapat diperoleh dari makanan. Karena itu, masyarakat diimbau untuk secara teratur mengonsumsi sumber lemak esensial alami seperti ikan laut dalam (salmon, tuna, tenggiri, tongkol), ikan kembung; kacang-kacangan seperti kedelai dan almond; biji-bijian seperti minyak dari biji bunga matahari, minyak jagung, dan telur.  Kacang, tempe dan tahu merupakan makanan yang kaya akan PUFA.

Demikian artikel seputar Pentingnya Konsumsi Lemak Esensial Untuk Tumbuh Kembang Anak yang dapat saya tulis, semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat untuk anda semua, karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tubuh akan tetap sehat dan bugar.

Pentingnya Konsumsi Lemak Esensial Untuk Tumbuh Kembang Anak

Baca juga :
Share This :
✔ Dilarang Spam Dalam Bentuk Apapun
✔ Berkomentarlah sesuai isi artikel
✔ Diharapkan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan
✔ Dilarang menaruh link aktif
✔ Dilarang membuat keributan
✔ Dilarang Promosi
✔ Budayakan berkomentar setelah membaca artikel
✔ Terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini
✔ Sebuah komentar adalah suatu penghargaan bagi saya

Φ Komentar Yang Melanggar Akan Masuk Ke Folder Spam Φ