MASIGNCLEAN103

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Pertumbuhan Bayi

iklan banner
Manfaat ASI Eksklusif Untuk Pertumbuhan Bayi | Ketika sang buah hati lahir ke dunia, asupan gizi pertama yang sangat perlu diberikan yaitu Air Susu Ibu (ASI). ASI eksklusif sangat perlu diberikan sejak bayi dilahirkan hingga berusia enam bulan. Selama periode tersebut, sikecil hanya dapat diberikan air susu ibu saja tanpa tambahan asupan apapun. 

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Pertumbuhan Bayi

Tidak ada supan yang lebih baik untuk si kecil selain ASI. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang si kecil seperti protein, lemak dan vitamin. ASI sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh si kecil ketimbang dari susu formula yang sangat sulit untuk di cerna.

Tidak hanya untuk bayi, memberikan ASI eksklusif juga berdampak positif bagi si ibu. Ada beberapa manfaat yang di dapat si kecil dan ibu dari memberikan ASI eksklusif, diantaranya:

  1. Sistem kekebalan tubuh  bayi lebih kuat. Air susu ibu mengandung zat antibodi yang bisa membantunya melawan bakteri dan virus. Jadi risiko terserang penyakit seperti diare, infeksi telinga dan infeksi saluran pernafasan lebih rendah bila dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif.
  2. Ingin memiliki anak yang cerdas. Coba beri bibit jitu sejak dia masik kecil yaitu ASI eksklusif. Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada ASI memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak si kecil.
  3. Berat badan ideal. Sikecil lebih mungkin tumbuh dengan bobot tubuh normal jika diberi ASI eksklusif. Mengapa demikian? Para ahli membuktikan bahwa ASI mengandung lebih sedikit insulin ketimbang susu formula, sedangkan insulin dapat memicu pembentukan lemak. Maka ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi.
  4. Tulang bayi lebih kuat. Bayi yang diberi susu selama tiga bulan atau lebih memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat dibanding dengan bayi yang diberi ASI selama kurang dari tiga bulan.
  5. Mendapat limpahan kolesterol. Pada orang dewasa, kolesterol merupakan asupan yang tidak baik. Namun, itu tidak berlaku pada bayi. Kolesterol sangat dibutuhkan bayi guna untuk menunjang tumbuh kembangnya dan zat ini banyak ditemukan pada ASI.
  6. Mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak saat tidur
  7. Hubungan ibu dan anak akan lebih kuat. Saat menyusui anda akan bersentuhan dengan kulit si kecil dan saling bertatap-tatapan. Hal ini bisa memperkuat hubungan anda dengan sikecil.
  8. Tubuh lebih cepat langsing. Tahukah anda bahwa menyusui dapat membakar kalori? Ya, kalori yang terpakai saat menyusui bisa mencapai 500 kalori per harinya.
  9. Stress berkurang. Menyusui dapat mernagsang produksi hormon oksitoksin yang bisa membuat anda terasa rileks.

Selama menyusui, anda disarankan untuk menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Ditakutkan asupan tersebut bisa mempengaruhi ASi dan berefek tidak baik pada bayi anda. Selalu menerapkan pola makan sehat sangat dianjurkan ketika anda sedang menyusui seperti mengkonsumsi sayuran, buah, daging tanpa lemak, makanan berserat, susu dan banyak minum air putih.

Demikianlah beberapa manfaat ASI eksklusif untuk pertumbuhan sikecil yang saya sampaikan. Semoga anda para ibu muda tidak lepas memberikan ASI pada sikecil karen air susu ibu sangat penting dan dibutuhkan untuk perkembangan buah hati anda. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk menyimak artikel yang kami sampaikan semoga artikel kesehatan ini bermanfaat untuk anda. 

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Pertumbuhan Bayi

Baca juga :
Share This :
✔ Dilarang Spam Dalam Bentuk Apapun
✔ Berkomentarlah sesuai isi artikel
✔ Diharapkan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan
✔ Dilarang menaruh link aktif
✔ Dilarang membuat keributan
✔ Dilarang Promosi
✔ Budayakan berkomentar setelah membaca artikel
✔ Terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini
✔ Sebuah komentar adalah suatu penghargaan bagi saya

Φ Komentar Yang Melanggar Akan Masuk Ke Folder Spam Φ