-->
BLANTERWISDOM101

Pentingnya Konsumsi Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

14/09/15
Pentingnya Konsumsi Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil agar tetap sehat dan bugar serta bayi yang kandung pun tetap sehat, mengkonsumsi makanan sehat terutama kacang hijau memang sangat penting untuk ibu hamil selain untuk bunda nutrisinya pun sangat penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Pentingnya Konsumsi Kacang Hijau Untuk Tumbuh Kembang Janin

Selamat datang di website resmi www.fahmyramdani.com pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kesehatan seputar pentingnya kacang hijau untuk ibu hamil dan untuk membantu tumbuh kembang janin agar tetap sehat sampai dia lahir. 

Bunda, perlu diketahui diusia kehamilan 21 minggu ini bunda dapat memasukkan kacang hijau sebagai salah satu menu wajib bunda sehari-hari. Pasalnya, selain sangat bermanfaat bagi kesehatan, kacang hijau juga dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Terlebih, seperti yang dilansir dari laman bidanku.com, kacang hijau pun sangat bagus untuk ibu hamil. Kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang sangat penting bagi perkembangan otak dan kecerdasan janin.

Selain otak, kandungan asam folat yang ada dalam kacang hijau juga sangat baik untuk perkembangan saraf bayi pada masa kehamilan. Bukan hanya itu. Kacang hijau juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kelainan jantung pada bayi, bibir sumbing dan beberapa resiko kecacatan lainnya. Di samping kandungan asam folat, kacang hijau juga memiliki banyak kandungan berbagai nutrisi tambahan yang sangat penting bagi kehamilan Anda.
Untuk lebih lanjut, bunda inilah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau yang sangat baik untuk kesehatan bunda dan juga untuk tumbuh kembang sikecil, seperti kandungan :

1. Protein tinggi
Protein yang terkandung dalam kacang hijau sebanyak 24%. Dalam menu sehari-hari, kacang-kacangan bisa menjadi alternatif mendapatkan protein nabati yang terbaik.

Menurut tradisi, ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan kacang hijau agar kelak bayi yang akan dilahirkan memiliki rambut yang lebat. Karena, pertumbuhan sel dalam tubuh, termasuk sel rambut, sangat memerlukan asupan gizi terutama protein.

2. Kalsium juga Fosfor
Kandungan kalsium juga fosfor di dalam kacang hijau sangat bermanfaat bagi tulang.

3. Serat
Kandungan serat yang terdapat pada kacang hijau juga dapat membantu melancarkan serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Karbohidrat Kompleks
Saat mengkonsumsi olahan kacang hijau, biasanya akan terasa kenyang yang lebih lama. Itu dikarenakan karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga energi yang kita hasilkan lebih stabil.

5. Lemak Rendah
Kadar lemak yang dimiliki kacang hijau sangat rendah. Hal itu menyebabkan makanan yang berbahan dasar kacang hijau tidak mudah basi. Dan lagi, kandungan lemak tak jenuh sangat penting bagi kesehatan jantung.

6. Vitamin B1
Vitamn B1 yang banyak terkandung dalam kacang hijau sangat bermanfaat membantu pertumbuhan, meningkatkan nafsu untuk makan, sumber energi bagi tubuh, serta memaksimalkan sistem kerja syaraf.

7. Vitamin B2
Penyerapan protein dalam tubuh dapat dibantu dengan vitamin B2 ini sehingga tubuh lebih gampang dan lebih banyak menyerap protein.

Bunda, demikianlah tips seputar pentingnya konsumsi kacang hijau bagi ibu hamil yang dapat saya sampaikan, semoga informasi yang saya sampaikan ini dapat membantu anda lebih mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat untuk kesehatan bunda dan juga kesehatan janin yang dikandungnya. 

Pentingnya Konsumsi Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Share This :
✅Berkomentarlah sesuai isi artikel✅