-->
BLANTERWISDOM101

5 Makanan untuk Kecerdasan Anak

04/02/15
Makanan banyak ragam dan gunanya termasuk untuk menunjang kecerdasan anak. Banyak orang yang beranggapan kalau kecerdasaan seseorang itu berasal dari faktor genetik atau keturunan. Padahal banyak faktor yang dapat membuat anak Anda menjadi cerdas, salah satunya adalah dengan asupan makanan. Menu makanan yang lengkap, seperti buah, sayuran, serta daging ikan bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral utama yang dibutuhkan untuk kesehatan mental dan fisik anak.
Memberikan asupan makanan bergizi untuk anak ternyata juga dapat membantu merangsang kecerdasaan otak anak. Sehingga sebagai orang tua sekiranya Anda dapat membantu dalam memberikan asupan nutrisi yang terbaik.
Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang dipercaya mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak pada anak, selain itu juga bisa memperbaiki fungsi otak serta meningkatkan daya ingat serta konsentrasi anak.

Telur

Telur selain harganya yang relatif murah ternyata juga kaya akan protein yang sangat baik untuk
kecerdasan. Kuning telur terbukti mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan memori. Anda dapat menyediakan jenis variasi olahan telur untuk menambah selera makan anak anda.

Baca juga: Obat Turun Berok Pada Pria

Kacang

Jenis kacang-kacangan, seperti kacang merah mengandung protein serta karbohidrat kompleks yang
diolah menjadi energi dan sangat baik untuk aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.



Buah-buahan

Strawberry, cherry, blueberry, dan redberry mengandung antioksidan dengan kadar tinggi dan vitamin
C, dan bijinya mengandung asam lemak omega-3 yang mampu mencegah kanker. Bahkan beberapa para ahli menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi.

Baca juga: 7 Manfaat dari Buah Pisang
Sayuran Berwarna

Sayuran berwarna seperti tomat, wortel, labu atau bayam adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Makanan-makanan berwarna tersebut dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan serta kesehatan membran sel. Sayuran juga memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mencegah kanker.





Dan yang terakhir adalah :

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA) yang
sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Bahkan beberapa pakar kesehatan juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

Dikutip dari : www.meetdoctor.com
Share This :