-->
BLANTERWISDOM101

Cara jitu mencegah jerawat di kulit wajah

06/01/15
Cara jitu mencegah jerawat di kulit wajah,- Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang terutama ketika usia memasuki masa remaja. Meski begitu tidak sedikit juga orang dewasa yang menderita wajah berjerawat. Pada kasus seperti ini, jerawat biasanya menimbulkan masalah psikologis seperti sadar diri berlebihan dan kecemasan. Pada artikel seksualitas.net kali ini kita akan membahas beberapa tips dan cara mencegah jerawat tumbuh subur di wajah.
Cara jitu mencegah jerawat di kulit wajah
Jerawat dan komedo muncul karena produksi minyak yang berlebih di wajah ditambah dengan adanya penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Faktor-faktor ini menyebabkan bakteri muncul dan terjadilah jerawat. Dengan perawatan teratur dan menerapkan beberapa tips pencegahan jerawat di bawah ini jerawat bisa diatasi dengan mudah.

Mayo Clinic merekomendasikan produk-produk berbahan alpha hydroxy acids untuk orang yang memiliki masalah jerawat berlebih. Alpha hydroxy berguna untuk membantu pelepasan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah jerawat muncul di wajah.

Sebuah studi pernah dilakukan oleh Z. El Akawi dari klinik dan eksperimen dermatology untuk membuktikan hubungan antara vitamin dengan jerawat. Hasil studi menyebutkan bahwa orang yang tidak memiliki jerawat memiliki tingkat vitamin A dan E yang sangat tinggi dalam darah mereka dibandingkan pasien di klinik yang memiliki masalah jerawat.

Mereka menyimpulkan bahwa kekurangan vitamin A dan E dapat menyebabkan muka berjerawat. Karena itu salah satu cara pencegahan jerawat muncul di wajah adalah dengan memperbaiki komposisi makanan.

Berikut ini beberapa tips dan cara mencegah timbulnya jerawat di wajah:

1. Menjaga kebersihan wajah

Muka anda berjerawat atau tidak, anda tetap harus rajin membesihkan wajah setiap hari untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati dan minyak berlebih di permukaan kulit. Gunakan air hangat dan pembersih wajah untuk mencegah munculnya jerawat, jangan gunakan sabun berbahan kimia untuk badan di wajah anda sebab bisa melukai kulit dan menyebabkan iritasi.

Hindari juga menggosok kulit wajah dengan handuk yang keras atau spons yang bertekstur kasar. Lebih baik membersihkan wajah menggunakan tangan anda atau kain yang lembut. Bilas wajah dan keringkan dengan handuk yang bersih. Jerawat tidak disebabkan oleh kotoran berlebihan sehingga anda tidak perlu menggosok wajah dengan keras. Sebaliknya gunakanlah pembersih antibakteri minimal dua kali sehari atau sesuai petunjuk penggunaan.

2. Gunakan moisturize

Ada banyak obat oles jerawat yang membuat kulit menjadi kering, karena itu gunakanlah selalu pelembab untuk meminimalkan kulit menjadi kering. Pelembab berbentuk gel biasanya cocok untuk semua jenis kulit berminyak. Dan untuk kulit kering cobalah krim pelembab atau lotion untuk mencegah jerawat di wajah..

3. Anda bisa menggunakan obat jerawat yang banyak di jual di apotik tanpa resep dokter

Obat oles tersebut biasanya mengandung bahan seperti benzoil peroksida yang merupakan bahan anti bakteri dengan efek terjadinya pengeringan pada kulit muka. Obat yang mengandung asam salisilat juga dapat membunuh bakteri di pori-pori wajah. Mulailah dengan jumlah yang sedikit dan secara perlahan anda bisa menambah dosisnya. Benzoil peroksida dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan bersisik karena itu anda perlu berhati-hati menggunakannya terutama jika kulit anda termasuk sensitif.

4. Make up secukupnya untuk mencegah muka berjerawat

Jika anda berhias atau menggunakan make up selalu cuci dan besihkan wajah sebelum tidur. Pilihlah bahan kosmetik yang tanpa pewarna atau bahan kimia. Saat ini bahan kosmetik berbahan air sudah banyak dijual dan lebih aman bagi kulit. Bacalah daftar bahan pada label produk sebelum membeli.

5. Perhatikan rambut anda

Hindari menggunakan wewangian, minyak dan bahan kimia pada rambut. Bahan-bahan tersebut dapat menetes ke wajah menyumbat pori-pori dan merusak kulit. Gunakan sampo dan kondisioner yang lembut. Rambut berminyak dapat menambah jumlah minyak di wajah. Rajinlah membersihkan rambut terutama jika rambut anda panjang.

6. Hindari kontak antara wajah dan tangan agar wajah tidak jerawatan

Hindari menopang wajah menggunakan tangan di pipi atau dagu. Tangan yang kotor dapat menyebarkan bakteri di wajah dan menimbulkan iritasi. Jangan menyentuh jerawat dengan tangan karena dapat menimbulkan infeksi dan jaringan parut.

7. Hindari muka terkena sinar matahari langsung

Sinar ultraviolet matahari dapat menimbulkan peradangan pada kulit wajah. Beberapa obat jerawat baik itu oral maupun obat oles dapat meningkatkan sensitifitas kulit wajah terhadap sinar matahari. Selalu hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya ketika sedang bepergian. Gunakan tabir surya non acnegenic untuk mengurangi pertumbuhan jerawat baru.

8. Gizi yang cukup dapat mencegah jerawat

Beberapa ahli nutrisi setuju bahwa makanan tertentu seperti coklat dan keripik memicu wajah berjerawat. Termasuk juga makanan junk food dan segala jenis makanan berminyak dapat menimbulkan jerawat. Konsumsilah buah dan sayur lebih banyak terutama vitamin A dan beta karoten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki kesehatan kulit. Makanan yang baik untuk mencegah jerawat adalah wortel, ubi jalar, melon, kangkung, bayam dan semua makanan yang mengandung vitamin A yang berasal dari tumbuhan

9. Olahraga setiap hari dapat mencegah jerawat muncul

Olahraga teratur sangat baik bagi fisik dan pikiran termasuk kulit. Berolahraga akan mengurangi kecemasan dan menghilangkan stres serta mengalirkan lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Saat olahraga sebaiknya jangan mengunakan topi, kacamata atau helm yang dapat menimbulkan keringat berlebih, keringat berlebih dapat mengiritasi kulit dan menjadi sarang bakteri diwajah. Pastikan untuk selalu mandi setelah olahraga.

10. Rileks dan hidup tenang

Banyak ahli percaya bahwa kondisi mental dan emosional mempengaruhi semua aspek kesehatan termasuk kondisi kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres menyebabkan jerawat bertambah parah. Karena itu hindari stres atau selesaikan masalah yang menimbulkan stres tersebut.

Jerawat adalah masalah normal selama masa pertumbuhan karena pengaruh hormon yang sangat berlimpah. Namun dalam kasus yang sangat sedikit terdapat sejumlah orang dewasa yang tidak bisa menghilangkan jerawat di wajah mereka meskipun mereka telah merekapkan ke sepuluh tips di atas. Jika ini yang terjadi harus bagaimana?

Kunjungi Dokter Kulit Untuk Mencegah Jerawat Secara Permanen

Jika anda setelah menerapkan ke sepuluh tips mencegah jerawat di atas tapi kondisi jerawat tetap membandel, anda juga sudah menggunakan beberapa obat jerawat, dan jika jerawat di wajah sudah menimbulkan efek psikologis yang mengganggu dan menghambat kehidupan sosial anda, langkah terakhir menghilangkan jerawat yang bisa anda lalukan adalah mengunjungi an konsulitasi dengan dokter spesialis kulit.

Seorang dokter spesials akan memeriksa kondisi anda secara menyeluruh untuk mencari tahu penyebab jerawat senang tumbuh di wajah anda. Umumnya dengan perawatan teratur dari dokter, jerawat bisa hilang dengan cepat.

Baca juga: obat penghilang jerawat yang mujarab
Share This :
✅Berkomentarlah sesuai isi artikel✅