-->
BLANTERWISDOM101

11 Makanan sehat penurun kadar kolesterol tinggi

11 Makanan sehat penurun kadar kolesterol tinggi

11 Makanan sehat penurun kadar kolesterol tinggi
Gambar: 11 Makanan sehat penurun kadar kolesterol tinggi

11 Makanan sehat penurun kadar kolesterol tinggi | Beberapa makanan lezat berikut telah teruji manfaatnya bagi kesehatan Anda, makanan berikut berkhasiat menurunkan kadar kolesterol. Mungkin Anda dapat mencobanya sebagai makanan sehat pendamping olahraga rutin Anda.

1. Jeruk. Jeruk mengandung zat yang disebut dengan pektin. Sama seperti jenis serat larut lainnya, pektin dapat membentuk massa yang melekat pada perut dan menahan kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh sebelum diserap ke dalam aliran darah. Selain memiliki kandungan serat, juga terdapat vitamin C, folat dan potassium.

2. Oat. Sangat kaya akan serat larut. Oat dapat dijadikan sarapan dan ditambah dengan buah-buahan untuk menambah cita rasa agar tidak hambar, misalnya potongan pisang atau apel. Dapat pula dihancurkan (dijadikan tepung), untuk mengganti tepung biasa, misalnya untuk membuat pancake atau muffin. 

3. Ikan sardin. Memiliki sangat banyak kandungan omega 3, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan bertindak sebagai anti peradangan. Selain ikan sardin, ikan tuna dan salmon juga kaya akan omega 3. Hindari mengolah ikan dengan menggorengnya. Disarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan tersebut setiap minggunya.

4. Kacang pistachio. Sebuah studi menyatakan, mengonsumsi satu sampai dua genggam kacang pistachio sehari, selama empat minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang ini juga kaya akan lemak tak jenuh, serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan, juga baik untuk menggantikan protein hewani, yang umumnya mengandung lemak jahat. Pastikan kacang camilan Anda tidak diberikan bumbu tambahan (baik gula maupun garam).

5. Kacang-kacangan. Selain jenis kacang pistachio, kacang kenari, almond dan sejenisnya (termasuk kacang tanah) juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. kandungan omega-3 didalamnya juga bisa membantu memperbaiki kerusakan arteri yang disebabkan oleh penumpukkan lemak.

6. Minyak zaitun. Dengan mengkonsumsi dua sendok minyak zaitun perhari, akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Minyak zaitun bisa digunakan untuk campuran salad sayuran, untuk membubui masakan atau sebagai pengganti mentega.

7. Tomat. Rajin mengonsumsi tomat amat membantu menurunkan kadar kolesterol. Bisa dimakan langsung ataupun dijus.

8. Bawang putih. Selain baik untuk menurunkan kadar kolesterol, bawang putih juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit berbahaya lainnya. Cukup konsumsi satu siung bawang putih segar setiap harinya.

9. Yoghurt. ‘Si asam’ ini bisa membantu mencegah penyerapan kolesterol kedalam darah. pilihlah yoghurt yang plain.

10. Delima. Buah ini bisa membantu mengurangi penimbunan plak pada arteri.

11. Teh hijau. Alangkah baiknya, makanan sehat juga dipadukan dengan minuman yang sehat. Teh hijau mengandung zat yang bisa membantu meningkatkan kolesterol baik dan mencegah penumpukkan kolesterol jahat. Pastinya, hindari meminum teh hijau ini dengan tambahan gula.

11 Makanan sehat penurun kadar kolesterol tinggi | Untuk menghindari kadar kolesterol kembali meningkat, hindari sering mengonsumsi daging merah, susu berlemak, margarin dan camilan seperti kue dan biskuit manis.
Sumber: http://my-february.blogspot.com/

11 Makanan sehat penurun kadar kolesterol tinggi

Share This :
✅Berkomentarlah sesuai isi artikel✅