-->
BLANTERWISDOM101

Kelebihan Dan Kekurangan Hemoglobin, Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya

05/12/15
Kelebihan Dan Kekurangan Hemoglobin, Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya,- Hemoglobin  atau Hb merupakan gabungan dari dua kata yaitu heme (besi) dan globin (protein). Warna darah disebabkan karena adanya Hemnoglobin. Kadar Hb dalam daraha manusia dewasa, pria; 13 – 18 g/dl; wanita: 12 – 16 g/dl. Keadaan dimana kadar Hb kurang dari nilai normal disebut sebagai anemia. Penderita anemia sering mengeluh kelelahan yang hebat.

Kelebihan Dan Kekurangan Hemoglobin, Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya

Fungsi 

Hemoglobin adalah pigmen pernafasan dari darah yang berfungsi:
1.Mengambil oksigen (O2) dari paru paru, membawa dalam aliran darah dan memberikannya kepada jaringan tubuh.
2.membawa karbon dioksida (CO2) dari jaringan tubuh ke paru-paru.
3.memelihara keseimbangan asam-basa tubuh
4.merupakan sumber bilirubin yang akan dirubah menjadi urobilin.

Kelainan 

1.Hemoglobin rendah 
Kadar Hemoglobin yang lebih rendah dari nilai normal disebut sebagai Anemia, yang memberikan gejala: kelelahan, kelemahan, nafas pendek saat berolah-raga, berdebar-debar. Bila kadar Hb kurang dari 8 g/dl ini disebut Anemia gravior, anemia yang hebat. Bila ini terjadi secara tiba-tiba (kecelakaan lalu lintas, melahirkan bayi, tindakan operasi) memerlukan tindakan transfuse darah segar. Pemberian satu labu (kantung) darah yang berisi sekitar 250 cc darah segar akan meninggikan Hb sebanyak 1 g/dl.

Darah yang berasal dari donor darah diambil oleh instansi Palang Merah (Red Cross). Setelah diolah, maka darah akan didistribusikan kepada rumah sakit dari golongan yang membutuhkan. Si penerima darah harus mendapatkan darah dari golongan yang sama dari darah donor. Golongan darah biasanya dipakai golongan darah ABO dan Rhesus (+/-).
Penyebab anemia: 
  • kekurangan zat nutrisi terutama zat besi dan vitamin.
  • mengkonsumsi obat tertentu atau racun, penyakit kanker.
  • kehilangan darah akibat kecelakaan lalu lintas, tindakan operasi.
  • gangguan produksi sel-sel darah merah karena pkenyait tertentu seperti leukemia.
  • adanya penyakit yang menahun seperti: kanker, gagal ginjal, penyakit hati, rheumatoid arthritis.

Pada orang dewasa normal terdapat Hb A (Adult). Pada janin terdapat Hb F (Foetal) yang berangsur-angsur akan menurun kadarnya pada 1 bulan sejak dilahirkan. Pada penyakit darah sikle cell anemia, suatu penyakit anemia hemolitik menahun.

2.Hemoglobin Tinggi 
Gejala Hemoglobin tinggi disebut sebagai hemoglobin tinggi jika bila kadar melebihi 18 g/dl hal ini biasa terjadi pada gagal jantung, diare, dehidrasi dan penduduk yang bertempat tinggal di dataran tinggi (pegunungan). Selama tes darah juga dil;akukan pengukuran hematocrit guna mengetahui tingkat keketalan darah anda sebagai tingkat penyakit yang diderita. 

Hemoglobin tinggi normal menurut gandasoebrata poada manusia, seorang pria 40-48% VOL, sedangkan wanita 37-43% VOL. kasus penyebab hematocrit tinggi lebih dari 55% adalah diare, diabetes millitus dan ambang bahaya terjadi ketika Hematokrit mencapai >60%.

Dan beberapa gejala hemoglobin tinggi adalah antara lain:

  • sesak napas.
  • sakit kepala.
  • pendarahan, thrombosis (pendarahan kecil bisa jadi bagian yang tidak dapat anda duga, seperti bibir biasa pada penderita gagal ginjal yang selalu cuci darah dan darahnya tersebut tidak dapat membeku/mengental.
  • Perubahan warna kulit
  • Dizziness (kepala merasa ringan, tidak stabil dan bergoyang-goyang)
  • Telinga berdenging
  • Tanpa gejala

Ada 2 Faktor penyebab Hemoglobin tinggi yaitu:

1.Polistemia 
Peningkatan kadar Hemoglobin (peningkatan sel darah merah) melampaui 18 g/dl, solusi yang biasa diambil penderita ini harus menjalani flebotomi (phlebotomies) atau mengurangi darah.

2.Faktor Ekternal
Penyebab hemoglobin tinggi pada factor ini memang sulit di analisa, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai keadaan yang mempengaruhinya seperti:
Apakah penderita memiliki penyakit ginjal?
  • Perokok
  • Memiliki tekanan darah tinggi (normal 110-160 mmHg dan diastole 70-100 mmHg)
  • Penyakit paru-paru
  • Denyut nadi teratur
  • Apakah penderita pecandu narkoba

Apakah penderita terkena rabies, HIV, malaria, hepatitis?

Cara menangani penyebab factor ekternal adalah dilakukan perbaikan dari permasalahan yang dihadapi dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dan itu lah seputar hemoglobin, fungsi, dan kelainannya semoga bisa bermanfaat bagi semua.

Kelebihan Dan Kekurangan Hemoglobin, Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya

Share This :