-->
BLANTERWISDOM101

Berbagai Arti dari Warna Lidah dalam kesehatan

02/02/15
Lidah adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam menentukan suatu rasa. Oleh sebab itu, jika lidah bermasalah, tentu akan mempengaruhi rasa dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. Tak hanya itu, warna lidah pun bisa mengartikan kesehatan Anda!.
Jadi, perubahan warna pada lidah bisa dikaitkan dengan kesehatan yang sedang terjadi dengan tubuh Anda. Meski warna lidah bisa dikaitkan dengan makanan yang Anda konsumsi, hal ini juga bisa jadi sebagai tanda suatu penyakit.Diantaranya :


Merah terang

Warna merah pada lidah menunjukan bahwa Anda kekurangan nutrisi tertentu, terutama vitamin B dan zat besi.  Zat besi bisa Anda temukan pada daging merah, ikan, kacang-kacangan dan apricot. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah yang diperlukan untuk energi dan vitalitas.
Sedangkan vitamin B dibutuhkan untuk metabolisme tubuh, pertumbuhan sel dan fungsi sistem saraf. Vitamin B pun bisa Anda dapatkan pada daging, kerang, kacang-kacangan, dan beberapa sumber vitamin B yang lainnya.

Ungu

Warna ungu pada lidah bisa menandakan bahwa Anda menderita kolesterol yang tinggi,  yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Lidah yang berwarna ungu pun bisa menandakan bahwa seseorang mengidap bronchitis kronis. Ini tentu kondisi yang sangat berbahaya, dan Anda disarankan untuk segera menghubungi dokte,r untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.


Putih

Lidah yang berwarna putih bisa disebabkan oleh rokok, dehidrasi, atau mulut kering. Warna putih biasnaya dikarenakan adanya bakteri, sel-sel mati yang terdapat pada lidah. Seseorang yang lidahnya berwarna putih, umumnya mengalami anemia ataupun tanda sariawan. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah leokoplakia, bercak keratotik putih yang terlihat di lidah dan rongga mulut ini adalah kondisi pra kanker.


Baca Artikel Selengkapnya disini : Arti Warna Lidah dalam Kesehatan
Share This :